Spesialis Mata Mana Yang Akan Anda Temui?

Mengunjungi spesialis mata secara teratur membantu Anda menghindari atau mengelola kesulitan apa pun dengan penglihatan Anda. Penglihatan Anda sangat berharga karena memungkinkan Anda melakukan semua tugas dasar Anda dan banyak lagi. Jangan anggap remeh penglihatan Anda dengan mengabaikan gejala apa pun yang berkembang.

Ada tiga spesialis mata yang mungkin perlu Anda temui dalam masa hidup ini: dokter mata, dokter mata, dan ahli kacamata.

Ahli kacamata

Dokter mata adalah jenis spesialis mata yang menyediakan perawatan mata primer. Mereka tidak semuanya dokter, tetapi profesional perawatan kesehatan berlisensi yang mampu mendiagnosis dan merawat kondisi mata umum. Mereka dapat memberikan resep lensa, rekomendasi pengobatan dan rehabilitasi, dan bahkan melakukan prosedur pembedahan seperti mengangkat benda asing dan pembedahan laser. Mereka membutuhkan gelar mengenali dan mengatasi katarak Doctor of Optometry (OD), Bachelor of Optometry, Bachelor of Science (BOptom BSc), atau Bachelor of Vision Science dan Master of Optometry sebelum Australian College of Optometry mengakui mereka sebagai dokter mata.

Anda dapat mengunjungi dokter mata jika Anda mulai mengalami gejala glaukoma, rabun jauh dan rabun dekat, katarak, dan penyakit retina lainnya. Dokter mata juga akan membantu Anda dengan hipertensi dan gangguan penglihatan terkait diabetes.

Dokter mata

Ada kondisi mata yang lebih serius yang membutuhkan pengetahuan dan spesialisasi. Dokter mata mengkhususkan diri dalam anatomi mata dan semua aspek perawatan mata. Mereka harus memiliki gelar Doctor of Medicine di bidang Ophthalmology, diikuti oleh dua tahun residensi dan lima tahun pelatihan klinik mata bekasi spesialis. Selanjutnya, mereka harus menjadi Anggota dari Royal Australian and New Zealand College of Ophthalmologists (FRANZCO).

Dokter mata melakukan fungsi yang sama seperti dokter mata, tetapi selain itu, mereka juga melakukan perawatan bedah. Anda harus memeriksanya jika Anda mencurigai adanya masalah dengan kornea, glaukoma lanjut, penyakit retinal, dan katarak yang memerlukan pembedahan. Bicaralah dengan mereka jika Anda juga mengalami trauma di sekitar area mata, karena mereka memiliki pengetahuan untuk mengobati cedera saraf. Mereka yang membutuhkan operasi rekonstruksi juga harus menemui dokter mata untuk solusi operasi plastik mata.

Ahli kacamata

Ahli kacamata memainkan peran terkecil dari tiga spesialis mata. Seorang ahli kacamata memberikan produk mata dan mengkhususkan diri dalam pembuatan kacamata untuk orang dengan gangguan penglihatan. Tidak seperti dokter mata dan dokter mata, mereka tidak dapat mendiagnosis kondisi mata dan meresepkan obat apa pun. Anggap saja sebagai jawaban oftalmologi untuk apoteker – mereka membagikan resep Anda.

Ahli kacamata Dispensing harus menjadi anggota Australian Dispensing Opticians Association. Dewan ADOA memutuskan apakah seseorang memenuhi syarat untuk profesi ini atau tidak. Mereka dapat bekerja secara mandiri atau bergandengan tangan dengan klinik optometri.

Anda perlu mengunjungi spesialis ini setelah menemui dokter mata Anda sendiri. Mereka akan merancang dan menyesuaikan lensa, baik dalam bentuk kacamata atau lensa kontak, sesuai dengan spesifikasi dokter Anda. Mereka juga bisa merancang perangkat seperti mata buatan untuk koreksi kosmetik.

Kunjungi pusat perawatan mata setidaknya setiap dua tahun. Ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata Anda. Tingkatkan kunjungan ini seiring bertambahnya usia. Anda juga perlu mengembangkan kebiasaan membaca yang baik dan mengistirahatkan mata secara berkala. Hindari membaca dalam gelap, membaca pada sudut yang tidak nyaman, dan membaca untuk waktu yang lama. Latih bola mata Anda sesekali dengan melihat ke arah yang berbeda. Terakhir, lakukan diet sehat yang kaya vitamin A dan lutein.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *